Tanpa Pernah Bermain, Kiper Liverpool Alex Manninger Putuskan Pensiun

Penjaga gawang Liverpool, Alex Manninger

Penjaga gawang Liverpool, Alex Manninger, memutuskan pensiun setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni 2017.

Manninger baru direkrut tim beralias The Reds pada musim panas 2016. Dia berstatus sebagai pilihan ketiga di bawah mistar setelah Simon Mignolet dan Loris Karius.

Kiper asal Austria itu belum sempat mencicipi pertandingan resmi bersama Liverpool. Namun, dengan usia yang sudah menginjak 39 tahun, Manninger pun melihat akhir musim menjadi waktu yang tepat untuk menutup kariernya.

“Saya sudah menimbang sejak beberapa bulan lalu tanpa menunggu apakah bakal mendapatkan tawaran pada musim panas atau tidak. Terasa tubuh saya mengatakan, ‘Tidak, itu sudah cukup’,” tutur Manninger.

Manninger pun bersyukur karena bisa mengakhiri perjalanannya di klub besar seperti Liverpool. Terlebih lagi, The Reds menutup musim sesuai target, yaitu menempati zona Liga Champions di klasemen akhir Premier League – kasta teratas Liga Inggris.

“Ada perasaan senang. Saya berakhir di level atas yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Saya juga mencicipi pengalaman dengan staf, pelatih, dan pemain Liverpool yang fantastis. Inilah salah satu kenangan terbaik dalam karier saya,” ujar dia.

Manninger sendiri sudah melalui perjalanan sangat panjang. Sejak memulai karier pada 1991, dia tercatat membela sejumlah tim besar, di antaranya Arsenal, Fiorentina, dan Juventus.

Bersama Juventus, dia meraih titel juara Serie A – kasta teratas Liga Italia – musim 2011-2012. Adapun dengan Arsenal, Manninger memenangi satu trofi Piala FA pada 1998.

Tanpa Manninger, posisi penjaga gawang ketiga Liverpool bisa jadi menjadi milik Adam Bogdan. Pemilik nama terakhir tengah menjalani pemulihan cedera ligamen hingga Agustus 2017.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*