PREVIEW Liga Europa: Manchester United – Celta Vigo

Manchester United - Celta Vigo

Manchester United berupaya lolos ke final Liga Europa pertamanya, namun sebelum itu mereka harus melewati Celta Vigo yang akan kembali dihadapi di leg kedua semi-final, Jumat (12/5) dini hari WIB.

Di pertandingan yang menurut rencana digelar di Old Trafford ini, tim Setan Merah memiliki modal berharga setelah menang 1-0 di Balaidos sepekan lalu. Meski begitu, hal tersebut tak lantas menjadi jaminan mengingat Celta selalu bisa mencetak gol di kandang lawan dan juga menang tiga kali dalam empat lawatan terakhirnya di Liga Europa.

Gelandang United Ander Herrera tahu itu, dan ia meminta rekan setimnya untuk tidak menganggap remeh pasukan Eduardo Berizzo jika ingin menjaga asa lolos ke ajang Liga Champions musim depan.

Ia mengatakan: “Hal terpenting adalah berada di Liga Champions musim depan; itu sangat penting bagi klub ini untuk bermain di Liga Champions,” ujarnya kepada laman resmi klub.

“Kami punya dua gelar – Community Shield dan Piala Liga – dan kami berpotensi memiliki musim yang sangat bagus jika kami bertarung mati-matian di Liga Europa. Namun kami harus sangat menghormati Celta karena mereka adalah lawan yang sangat sulit.

“Mereka sukses mencetak gol tandang di setiap pertandingan yang mereka mainkan di kompetisi ini jadi kami harus mewaspadainya. Mereka adalah tim yang bagus, sangat berbahaya ketika mereka bermain tandang dan kami butuh dukungan fans di kandang.

“Saya imbau kepada mereka untuk menciptakan atmosfer bagus, atmosfer sulit untuk lawan, dan itu sekaligus menjadi penyemangat kami untuk lolos ke final. Ini takkan mudah.”

Sementara dari kubu tamu, Berizzo menuntut permainan sempurna dari anak asuhnya. Dalam keterangannya di sesi konferensi pers, pelatih asal Argentina itu mengatakan: “Kami harus tampil sempurna. Mereka pantas memainkan laga ini sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras mereka dan mereka harus bermain baik.

“Ini [semi-final] adalah penghargaan bagi kerja keras kami di kompetisi ini. 10 bulan lalu kami mengawali ini dan ingin melihat seberapa jauh kami bisa melangkah.

“Saya sangat berharap di kesempatan kali ini mereka bisa tampil habis-habisan dan mengerahkan segalanya.”

Untuk pertandingan ini, United kehilangan Marcos Rojo, Timothy Fosu-Mensah, Zlatan Ibrahimovic, Luke Shaw dan Ashley Young yang semuanya terkendala cedera. Sementara dari kubu Celta, mereka tidak bisa menurunkan mantan penyerang United Giuseppe Rossi dan dimungkinkan ditinggal Ruben Blanco yang cedera.

Prakiraan Pemain

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Blind, Darmian; Fellaini, Herrera, Pogba; Lingard, Rashford, Mkhitaryan.

Celta Vigo: Alvarez; Mallo, Roncaglia, Cabral, Jonny; Hernandez, Radoja; Aspas, Wass, Sisto; Guidetti.

Data & Fakta

  • Manchester United suskes menang 1-0 di leg pertama dalam pertemuan perdana kedua tim di kompetisi Eropa.
  • Ini menjadi semi-final pertama bagi United di ajang Piala UEFA/Liga Europa; dan ini merupakan satu-satunya trofi mayor yang belum pernah mereka menangkan.
  • Ini juga menjadi kali pertama bagi Celta lolos ke semi-final Piala UEFA/Liga Europa; mereka sebelumnya tereliminasi di babak perempat-final di tiga kesempatan terakhir.
  • Dari 18 kesempatan, United mampu melenggang ke babak berikutnya di fase sistem gugur ketika menang di leg pertama (M4 I1); United juga menjelang laga ini dengan rekor tidak terkalahkan di sembilan laga kandang di Liga Europa (M7 I2).
  • Celta lolos ke babak selanjutnya di dua dari lima pertandingan fase sistem gugur di mana mereka kalah duluan di kandang; termasuk babak 32 besar Liga Europa musim ini (vs. Shakhtar Donetsk).
  • Celta menelan kekalahan di lima laga terakhir melawan klub Inggris; kemenangan terakhir mereka terjadi melawan Aston Villa pada 2000.
  • Celta selalu mencetak gol di enam laga tandang terakhirnya di musim Liga Europa kali ini; tiga dari empat laga mereka berakhir dengan kemenangan 2-0.
  • Marcus Rashford mencetak gol di dua laga beruntun bagi United di Liga Europa; setelah sebelumnya gagal menjebol gawang lawan di sembilan laga.
  • Sergio Romero mencatatkan clean sheet lebih banyak ketimbang kiper lain di Liga Europa musim ini (7); dia memiliki rasio penyelamatan terbaik ketimbang siapa pun di musim ini (89 persen).

Prediksi Goal Indonesia: Manchester United 2-0 Celta Vigo

Leave a comment

Your email address will not be published.


*