Preview AS vs Kolombia: Bara Dendam Uruguay 95

Preview AS vs Kolombia

Apakah ini waktu tepat buat pembalasan? Ya, itulah secuil tema yang amat cocok buat Timnas Amerika Serikat ketika akan berjumpa dengan Kolombia lagi pada perebutan peringkat III Copa America Centenario (CAC) 2016.

Ya, duel yang akan berlangsung di University of Phoenix Stadium, Glendale, Arizona, pada Minggu (26/6/2016) pukul 07:00 pagi WIB ini, merupakan bentrok ulangan kedua kubu pada babak penyisihan Grup A.

Dalam bentrok pertama di Levi’s Stadium, Santa Clara, California, 3 Juni silam. AS sebagai tuan rumah menyerah 0-2 dari Kolombia via sumbangan gol Cristian Zapata (menit ke-8) dan sepakan penalti James Rodriguez (menit ke-42).

Dan laga di Phoenix benar-benar cocok buat dijadikan ajang balas dendam, sekaligus mengakhiri turnamen dengan mencatat sejarah baru. Pasalnya, selama ikutan Copa America yakni sebanyak empat kali. Prestasi terbaik The Star and Stripes (julukan Timnas AS) ialah finis di urutan empat pada edisi 1995 di Uruguay.

Tahukah Anda, ternyata lawan yang membuat AS finis di peringkat empat pada Uruguay 1995 adalah Kolombia. Dalam duel yang berlangsung di Estadio Campus Municipal, Maldonado, Los Cafeteros (julukan Timnas Kolombia) menang 4-1.

Gol kemenangan Kolombia waktu itu disumbang masing-masing oleh Luis Quinonez (menit ke-30’), Carlos Valderrama (38’), Faustino Asprilla (50’) dan Freddy Rincon (76’). Sedang AS hanya membalas via eksekusi 12 pas Joe-Max Moore (52’).

Namun, tampil di laga perebutan tempat ketiga ibarat kata orang, sering disebut sebagai duel mental. Karena kedua kubu sebelumnya sudah jatuh mental usai kalah di semifinal. Tengok saja kekalahan mengejutkan Kolombia atas Chile yang tampil tanpa Arturo Vidal. Dan juga AS dicukur 0-4 oleh Argentina.

Tapi kini, tak ada jalan lain bagi AS untuk memuaskan publik tuan rumah. Pelatih AS, Jurgen Klinsmann, sekarang juga sudah bisa memainkan tiga pilarnya yang absen di semifinal, yaitu Bobby Wood, Alejandro Bedoya serta Jermain Jones. Kemenangan atas Kolombia akan jadi penghapus kekecewaan publik atas performa tuan rumah kala digunduli Argentina.

Fakta Menarik
* Dalam sejarah total 18 pertemuan di berbagai kompetisi, Kolombia memenangkan 12 diantaranya, sedang AS kebagian 3 dan 3 lainnya berujung imbang.
* Kemenangan terakhir AS atas Kolombia terjadi dengan skor 3-0 dalam international friendly match di Fullerton, 9 Maret 2005.

Prediksi Susunan Pemain
AS (4-4-2)
Guzan (g); Besler, Brooks, Cameron, Johnson; Bedoya, Bradley, Jones, Zardes; Wood, Dempsey

Kolombia (4-2-3-1)
Ospina (g); Diaz, Murillo, Zapata, Arias; Sachez, Perez; Cardona, Rodriguez, Cuadrado; Bacca

Leave a comment

Your email address will not be published.


*