MU Jadi Klub dengan Hutang Terbesar di Eropa

MU Jadi Klub dengan Hutang Terbesar di EropaManchester United belum lama ini dinobatkan sebagai tim terkaya dunia, tetapi ada fakta mencengangkan dibalik itu semua. MU tercatat sebagai klub dengan jumlah hutang terbesar di Eropa.

Berdasarkan kalkulasi majalah ekonomi kenamaan, Forbes, MU memiliki nilai kekayaan sebesar 3,69 juta US Dollar mengalahkan Real Madrid dengan nilai 3,58 juta US Dollar.

Namun, ada fakta berlawanan yang terjadi, Setan Merah berada di urutan teratas sebagai klub dengan hutang terbesar di Eropa. Hal tersebut diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh UEFA.

Meskipun sudah diberlakukan aturan Financial Fair Play (FFP) dimana klub-klub Eropa diharuskan bisa mengontrol keuangan mereka terutama saat berupaya membentuk skuad tetap saja klub-klub Eropa masih sulit menjaga keseimbangan finansial.

Sejumlah indikator yang dipakai dalam penelitian tersebut antara lain besaran gaji per musim yang dikeluarkan, biaya transfer di awal musim (keluar dan masuk pemain) serta pemasukan dari sponsor.

Dalam 10 urutan teratas ada empat klub asal Liga Seri A Italia, serta dua tim dari Inggris salah satunya Queens Park Rangers yang bermain di Divisi Championship.

Berikut Daftar 10 Klub dengan Jumlah Hutang Terbesar di Eropa:

Urutan-Klub-Hutang

1. Manchester United 465 juta Pounds (8,1 triliun Rupiah)

2. Benfica 291 juta Pounds (5,1 triliun Rupiah)

3. Inter Milan 265 juta Pounds (4,6 triliun Rupiah)

4. Valencia 247 juta Pounds (4,3 triliun Rupiah)

5. Queens Park Rangers 242 juta Pounds (4,2 triliun Rupiah)

6. AC Milan 216 juta Pounds (3,8 triliun Rupiah)

7. CSKA Moskow 194 juta Pounds (3,7 triliun Rupiah)

8. Galatasaray 193 juta Pounds (3,3 triliun Rupiah)

9. Juventus 181 juta Pounds (3,1 triliun Rupiah)

10. AS Roma 180 juta Pounds (3,1 triliun Rupiah)

Sumber: 90 Min

Leave a comment

Your email address will not be published.


*