Melirik Posisi Bernardo Silva di Manchester City Musim Depan

Melirik Posisi Bernardo Silva di Manchester City Musim Depan

Gelandang AS Monaco, Bernardo Silva, dikabarkan menandatangani kontrak lima tahun bersama Manchester City pada Jumat (26/5/2017). Dengan segala pemain menyerang yang Pep Guardiola miliki, di manakah bintang muda Portugal tersebut akan bermain?

Bernardo Silva lebih banyak beroperasi di sisi kanan lapangan tengah bersama Monaco.

Ia bermain 27 kali sebagai gelandang kanan dari 28 laga Liga Prancis musim ini.

Namun, sebagai pemain kidal, ia sering sekali memotong ke dalam untuk membuka ruang bagi bek sayap kanan Monaco, Djibril Sidibe atau Almamy Toure.

Hal ini terlihat beberapa kali saat Monaco melawan Man City di babak 16 besar Liga Champions muim ini.

Sayap kanan City menjadi milik Raheem Sterling sepanjang 2016-2017. Penyerang mungil asal Inggris itu mengoleksi 19 penampilan di sektor tersebut selama pagelaran Liga Inggris musim ini.

Sterling berbagi posisi dengan Jesus Navas (31) yang hanya delapan kali turun di posisi tersebut. Bisa dikatakan kalau Bernardo datang sebagai pengganti pemain asal Spanyol tersebut.

Hal menarik adalah komposisi pemain yang bisa terjadi jika Bernardo turun sebagai gelandang kanan.

Menariknya, City berpotensi menurunkan gelandang serang serba kidal dalam diri Bernardo, David Silva, dan Leroy Sane untuk mendukung Gabriel/Jesus.

Nah, dalam beberapa laga musim ini, pelatih Pep Guardiola juga tak ragu menurunkan Gabriel serta Aguero dalam waktu bersamaan.

Pep menurunkan tim ekstra ofensif seperti pada dua laga terakhir 2016-2017 melawan Watford serta West Brom.

Efek strategi ekstra menyerang ini terlihat jelas. City mencatatkan 36 tembakan ke gawang dalam laga kontra Watford dan West Brom!

Bernardo Silva bisa turun sebagai gelandang serang sentral jika Pep ingin memanfaatkan kecepatan Raheem Sterling di sektor kanan.

Tentu saja, formasi tersebut membuat City berat ke depan dan berpotensi mengganggu keseimbangan tim apabila melawan tim yang lebih kuat.

Dalam situasi ini Pep punya formasi lebih konservatif yakni 4-1-4-1 yang ia peragakan kontra Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Tottenham.

Bernardo Silva akan bermain sebagai gelandang kanan murni dalam formasi tersebut dengan Ilkay Guendogan atau Fernandinho memberikan perisai di depan pertahanan.

Namun, yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah potensi penumpukan pemain di sektor sentral dengan adanya dua playmaker yang beroperasi di tengah, Kevin De Bruyne serta David Silva.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*