Malaysia Diuntungkan di SEA Games 2017, AFF Turun Tangan

Malaysia Diuntungkan di SEA Games 2017, AFF Turun Tangan

Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akhirnya akan turun tangan terkait protes dari Vietnam dan Laos yang menyebut bahwa mekanisme pengundian atau drawing babak penyisihan grup cabang sepakbola di SEA Games 2017 menguntungkan Malaysia sebagai tuan rumah. AFF akan segera menggelar pertemuan untuk membahas persoalan ini.

“Itu hanyalah keistimewaan buat tuan rumah. Bila ikut (aturan) OCM (Komite Olimpiade Malaysia), Malaysia diberi pilihan untuk memilih grup yang mereka inginkan. Itu yang menyebabkan adanya penolakan secara resmi dari Vietnam dan Laos,” kata Sekjen AFF, Datuk Seri Azzudin Ahmad, beberapa waktu lalu.

“Masalah ini akan dikaji kembali sebelum drawing pada 8 Juli 2017, dan mungkin akan ada perubahan. Dasar mereka membuat penolakan itu memang ada, karena tidak pernah tim tuan rumah SEA Games boleh memilih grup yang mereka inginkan,” lanjutnya.

Adapun mekanisme pengundian grup yang disebut menguntungkan Malaysia selaku tuan rumah adalah sebagai berikut: Pertama, sebagai tuan rumah SEA Games 2017, Malaysia punya hak menentukan masuk grup mana, setelah tahap ketiga proses pengundian.

Kedua, kecuali tim unggulan (Thailand dan Myanmar) dan tuan rumah (Malaysia), semua tim menjalani prosedur pengundian pembagian grup. Setelah pengundian grup selesai, Malaysia dipersilakan memilih masuk grup mana untuk mengambil posisi A5 atau B5.

Ketiga, berdasarkan grup yang dipilih Malaysia, sisa dua tim ditempatkan di grup yang berbeda dari Malaysia. Jika Malaysia memilih A5, maka dua tim yang belum diundi ditempatkan sebagai B5 dan B6. Jika Malaysia memilih B5, maka dua tim yang belum diundi ditempatkan sebagai A5 dan A6.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*