Liga Champions Asia: Kawasaki Frontale Redam Laju Muangthong United

Kawasaki Frontale Redam Laju Muangthong United

Tak ada kejutan berarti yang tercipta dalam berlangsungnya duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions Asia tahun ini yang berlangsung mulai Senin (22/5) hingga Rabu (24/5). Sejumlah tim unggulan meraih hasil optimal.


ZONA BARAT


Esteghlal 1-0 Al Ain

Finalis turnamen tahun lalu, Al Ain dipaksa menelan tipis dalam kunjungan mereka ke Iran. Sejatinya laga berlangsung nyaris seimbang dengan tim tamu asal Uni Emirat Arab (UEA) tersebut memberikan perlawanan sengit. Namun kartu merah Saeed Juma pada menit ke-77 mengubah situasi hingga akhirnya tuan rumah memastikan kemenangan menjelang laga berakhir lewat penalti Kaveh Rezaei.

Al Ahli 1-1 Al Ahli

Duel unik antara klub yang memiliki nama serupa tersebut berakhir dengan skor sama kuat. Al Ahli yang bertindak sebagai tuan rumah adalah dua kali runner-up turnamen asal Arab Saudi, mereka terlebih dahulu kecolongan lewat gol Khamis Esmaeel yang memanfaatkan bola pantulan hasil penaltinya yang sempat ditepis Yasser Al Mosailem pada menit ke-21. Tuan rumah baru bisa menyamakan skor pada menit ke-38 berkat usaha Abdulfattah Asiri yang membobol gawang Al Ahli asal UEA.

Esteghlal Khuzestan 1-2 Al Hilal

Hasil negatif diperoleh wakil Iran tersebut saat harus menggelar laga di Oman karena buruknya hubungan diplomatik dengan Arab Saudi. Gol bunuh diri Abdullah Al Hafith pada menit ke-42 sempat membawa Khuzestan di atas angin. Namun di babak kedua Al Hilal bangkit dan mengejar ketertinggalan sekaligus dengan dua gol yang dicetak oleh Abdullah Al Zori dan mantan gelandang Porto, Carlos Eduardo masing-masing pada menit ke-52 dan 57.

Persepolis 0-0 Lekhwiya

Kering gol menjadi hasil akhir laga yang mempertemukan raksasa Iran dan Qatar ini. Laga yang berlangsung di Azadi Stadium tersebut tanpa dihadiri oleh penonton dari kedua kubu tersebut lantaran adanya keributan yang dilakukan pendukung Persepolis pada awal bulan ini. Kedua tim menampilkan permainan seru selama 90 menit namun hingga laga berakhir tak ada gol tercipta.


ZONA TIMUR


Muangthong United 1-3 Kawasaki Frontale

Tren negatif Muangthong di liga domestik berlanjut ke pentas Liga Champions Asia dengan harus menerima kekalahan 3-1 saat menjamu wakil J.League tersebut di SCG Stadium. Teerasil Dangda sempat mengejutkan Kawasaki dengan gol tembakan mendatarnya di akhir babak pertama sebelum kemudian klub papan atas Jepang itu membalas tiga gol lewat aksi Kengo Nakamura, Yu Kobayashi dan Hiroyuki Abe.

Guangzhou Evergrande 1-0 Kashima Antlers

Mantan gelandang Tottenham Hotspur, Paulinho menjadi bintang kemenangan raksasa Tiongkok tersebut dengan gol tunggalnya pada menit ke-75 melalui eksekusi jarak dekat yang memanfaatkan sepak pojok Yu Hanchao. Kemenangan tipis ini membuat duel leg kedua yang berlangsung di markas kampiun J.League tersebut pada pekan depan akan berlangsung seru.

Shanghai SIPG 2-1 Jiangsu Suning

Derby Tiongkok yang melibatkan dua tim kaya Chinese Super League ini berhasil dimenangkan oleh anak asuh Andre Villas-Boas dengan skor tipis. Jiangsu sebenarnya unggul cepat pada menit kedelapan setelah Roger Martinez memanfaatkan kesalahan Cai Huikang. Tapi penalti pada menit ke-32 yang sukses dieksekusi Hulk membawa SIPG bangkit hingga kembali menginspirasi gol kedua timnya setelah assist indahnya dituntaskan bintang Uzbekistan, Odil Ahmedov di akhir babak pertama.

Jeju United 2-0 Urawa Red Diamonds

Satu-satunya kejutan terjadi di laga ini dengan wakil tunggal Korea Selatan tersebut sukses menggebuk raksasa J.League di Jeju Stadium. Hanya butuh tujuh menit bagi Jeju untuk membuka keunggulan lewat tandukan Marcelo Toscano yang meneruskan umpan silang Hwang Il-su. Ketinggalan cepat membuat Urawa bersemangat dan punya kans menyamakan skor melalui aksi Yuki Muto. Tapi kelengahan di menit akhir membuat gawang mereka kembali kecolongan dengan adanya gol Jin Sung-wook.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*