Ernesto Valverde Mundur Sebagai Pelatih Athletic Bilbao

Ernesto Valverde Mundur Sebagai Pelatih Athletic BilbaoErnesto Valverde tak lagi melatih Athletic Bilbao musim depan, setelah dirinya mengundurkan diri. Pengunduran itu hanya berselang beberapa hari sebelum Barcelona mengumumkan pelatih baru, di mana Valverde juga menjadi salah satu kandidat.

“Ernesto Valverde tidak akan lanjut melatih tim utama Athletic Club pada musim 2017/2018,” demikian tulis Athletic dalam pernyataan singkatnya yang dikutip Sky Sports.

Sebelumnya, Senin (29/5) mendatang, Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, menyebut klubnya akan mengumumkan nama pelatih baru sebagai Luis Enrique, yang telah memutuskan untuk mundur pada akhir musim ini. Enrique sendiri masih punya satu laga lagi bersama Barca, yakni laga final Copa del Rey melawan Alaves, Sabtu (27/5).

Valverde pun kian menguat jadi pengganti Enrique setelah dia dipastikan tak akan melatih Athletic lagi mulai musim depan. Penjelasan lebih lanjut mengenai mundurnya Valverde ini akan dilakukan dalam konferensi pers di San Mames pada Rabu (24/5), di mana Valverde akan hadir bersama presiden klub, Josu Urrutia.

Pelatih 53 tahun itu menangani Bilbao pada dua periode berbeda, yaitu 2003-2005 dan 2013-sekarang. Dia pernah mengantarkan timnya lolos ke final Copa del Rey dan perempatfinal Liga Europa. Valverde juga memimpin Bilbao memenangi Piala Super Spanyol pada 2015 lalu. Ketika itu, timnya unggul agregat 5-1 atas Barca.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*