Dibantu VAR, Wasit Final Konfederasi Tetap Dicemooh

Dibantu VAR, Wasit Final Konfederasi Tetap DicemoohPiala Konfederasi 2017 telah berakhir. Timnas Jerman keluar sebagai juara untuk kali pertama dalam sejarah negara tersebut. Tim Panser mengalahkan Chile 1-0 pada laga final di Stadion St Petersburg, Minggu (2/7) malam waktu setempat.

Satu-satunya gol Tim Panser dipersembahkan oleh striker Borussia Moenchengladbach, Lars Stindl di menit ke-20.

Selain kemenangan skuat pelapis Jerman atas Chile, ada satu yang menarik disimak pada laga tersebut. Tak lain adalah penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) untuk membantu pandangan wasit atas momen krusial yang luput dari pengamatannya.

Namun, sang wasit laga final Milorad Mazic masih saja kena cemoohan meski mendapat bantuan dari VAR untuk membuat keputusan. Kritikan tersebut bermunculan di dunia maya lantaran wasit membuat hukuman yang tak sepadan atas kekerasan yang dilakukan pemain Chile Gonzalo Jara.
Lihat juga:Skuat Pelapis Jerman Juara Piala Konfederasi

Tepat pada menit ke-61, Jara tertangkap kamera menyikut dengan keras striker Jerman Timo Werner tepat dimukanya. Werner pun langsung terkapar di lapangan akibat sikutan tersebut.

Namun, aksi Jara itu luput dari pandangan wasit sehingga laga sempat tetap dilanjutkan. Beberapa saat kemudian, Mazic mendapat komunikasi melalui VAR tentang aksi bek Chile itu.

Sang pengadil lapangan itu pun merapat ke pinggir lapangan untuk melihat rekaman tayangan ulang aksi Jara. Namun bukannya mengeluarkan kartu merah, sang wasit hanya memberikannya kartu kuning.

Tak ayal, keputusan Mazic itu menuai rundungan di media sosial karena dinilai VAR tak berarti jika keputusan wasit tetap tidak adil.
Lihat juga:Babak I, Stindl Bawa Jerman Unggul 1-0 Atas Chile

“Seseorang jelaskan kepada saya kenapa bukan kartu merah terhadap Jara? Dan mereka menggunakan VAR? Apa gunanya VAR jika tetap tidak mendapatkan keputusan yang tepat?” demikian cuitan salah satu pengguna Twitter, Dax McCarty.

“Jara bocah yang beruntung. Pemain Chile itu hanya kena kartu kuning setelah menyikut Werner usai review dari VAR. Bukankah seharusnya kartu merah?” begitu pula cuitan dari akun Twitter Fox Soccer.

Selain itu, Mazic juga memberikan kartu kuning kepada penyerang Chile Eduardo Vargas pada menit ke-75 setelah meminta sang wasit melihat kembali VAR. Vargas merasa timnya berhak mendapatkan kartu kuning setelah Sanchez terjatuh dalam kotak penalti.

Dalam tayangan ulang, memang tak ada pelanggaran terhadap pemain Arsenal tersebut. (bac)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*