Chapecoense Dinyatakan Juara Copa Sudamericana

Chapecoense Juara Copa Sudamericana

Chapecoense resmi dinobatkan sebagai juara Copa Sudamericana musim ini oleh otoritas sepakbola Amerika Latin, CONMEBOL.

Presiden interim klub asal Brasil tersebut, Ivan Tozzo sebelumnya mengungkapkan pada akhir pekan kemarin bahwa keputusan soal tim juara sudah ditentukan menyusul permintaan formal dari kubu Atletico Nacional, yang sejatinya menjadi lawan Chapecoense di partai final.

Seperti diketahui, laga final Copa Sudamericana yang sedianya digelar di Medellin, Kolombia urung dilaksanakan selepas adanya tragedi kecelakaan pesawat yang memakan 71 korban jiwa termasuk 19 penggawa serta staf pelatih Chapecoense.

Sikap yang ditunjukkan Atletico Nacional itu sendiri membuat mereka diberi penghargaan sebagai tim fair play.

“Dewan CONMEBOL telah memutuskan untuk mendeklarasikan Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana edisi 2016, sebagaimana ada pemberian penghargaan luar biasa pada Atletico Nacional berupa ‘Tim Fair Play CONMEBOL Abad Ini’,” demikian bunyi rilis resmi yang beredar.

Chapecoense juga dipastikan bakal menerima seluruh prerogratif aspek olahraga dan ekonomi yang diperlukan.

Keputusan untuk memberikan pernghargaan khusus pada Atletico, yang termasuk hadiah $1juta, datang atas sikap mereka yang mempromosikan spirit perdamaian, saling pemahaman dan fair play dalam aspek olahraga yang kerap didahului oleh kepentingan komersil di Amerika Latin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*