Athletic Bilbao Tunjuk Jose Angel Ziganda Jadi Pelatih Baru

Athletic Bilbao Tunjuk Jose Angel Ziganda Jadi Pelatih Baru

Athletic Bilbao resmi menunjuk Jose Angel Ziganda sebagai pelatih baru. Sebelumnya, Athletic kehilangan Ernesto Valverde yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak. Rojiblancos jelas punya tantangan besar kala dipimpin Ziganda, mengingat selama bersama Valverde, tim ini slelau duduk di posisi terhormat La Liga.

Pernyataan resmi Athletic Bilbao pada Selasa (23/5) adalah, “Jose Angel Ziganda akan menjadi pelatih baru Athletic Club dalam dua musim ke depan”. Jelas dan tegas, Ziganda terikat kontrak setidaknya sampai 30 Juni 2019 mendatang. Sang pelatih berusia 50 tahun bakal ditampilkan ke depan publik untuk pertama kalinya pada hari ini Kamis (25/5) pukul 12.00 CET.

Penunjukan Jose Angel Ziganda menyiratkan, Athletic ingin mendapatkan pelatih yang punya akar kuat. Pasalnya, Ziganda sebelumnya pernah bermain di Athletic Bilbao selama tujuh tahun sejak 1991 hingga 1998. Ziganda kemudian, setelah pensiun, kembali ke Athletic untuk masuk jajaran staf kepelatihan pada 2011.

Pengalaman Ziganda adalah menangani tim seperti Osasuna dan Xerez. Kini, ia mendapatkan ujian di klub sebesar Athletic Bilbao. Pasalnya sejak ditangani Ernesto Valverde, Athletic selalu lolos ke Eropa; kecuali musim ini ketika nasib mereka bergantung pada hasil final Copa del Rey 2017.Yang lebih penting bersama Valverde, Athletic selalu memeragakan permainan menyerang. Mereka juga mengorbitkan bintang baru seperti inaki Williams. Ditambah gaya penuh determinasi yang diperagakan Los Leones, terutama ketika ada di San Mames, akan sangat sulit mengulang prestasi yang dilakukan Valverde bagi Ziganda.

Ernesto Valverde sendiri saat ini tengah menunggu keputusan Barcelona. Jika tidak ada gangguan lagi, ia akan dinyatakan sebagai pelatih baru Barca pada 29 Mei 2017, setelah Luis Enrique menyelesaikan final Copa del Rey kontra Alaves; apapun hasilnya.

Valverde akan menjadi pelatih Spanyol keempat dari lima juru taktik Barca dalam sembilan tahun terakhir. Ia didahului oleh Pep Guardiola, almarhum Tito Vilanova, dan Enrique. Satu pelatih asing Barca di periode keemasan klub ini adalah Tata Martino.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*